Bulan Dana PMI Kab. Sleman berlangsung 15 Januari s/d 30 Juni 2024. Layanan pembayaran pajak tahunan sore hari di Samsat Induk Sleman dan Samsat Pembantu Maguwo setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 16.00 s/d 19.30 WIB. Untuk pembayaran pajak tahunan dapat dilakukan secara online dapat menggunakan BPD DIY Mobile, Go Tagihan Gojek dan Samsat Digital Nasional SIGNAL. Silakan mengurus pembayaran pajak secara mandiri, mengurus pajak itu mudah dan cepat

Balik  Nama Kendaraan Bermotor 

Balik  Nama kendaraan bermotor adalah proses perubahan data kepemilikan dari pemilik lama menjadi atas nama pemilik baru. Balik nama akan mempermudah pengurusan administrasi kendaraan seperti bayar pajak, maupun perpanjangan masa berlaku STNK dan TNKB. Proses balik nama kendaraan bisa dilakukan kapan saja tidak harus menunggu masa berlaku pajak habis.

Setelah proses balik nama wajib pajak akan mendapatkan STNK dan TNKB baru yang berlaku 5 tahun kedepan. Pemilik kendaraan setelah selesainya proses jual beli, menerima warisan, menerima hibah, menerima dokumen risalah lelang wajib untuk segera melakukan proses balik nama, agar data kepemilikan kendaraan tersebut yang tercantum dalam BPKB dan STNK sesuai dengan data pemilik kendaraan yang baru.

Syarat Balik  Nama

  1. Perorangan: E-KTP  Pemilik Baru dan bagi yang berhalangan melampirkan Surat Kuasa bermeterai cukup;
  2. Badan Hukum: Salinan Akte Pendirian, Keterangan Domisili, Surat Kuasa bermeterai cukup ditandatangani oleh pimpinan dan dibubuhi cap Badan Hukum yang bersangkutan;
  3. Instansi Pemerintah (termasuk BUMN dan BUMD): Surat Tugas/Surat Kuasa bermeterai cukup dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap instansi yang bersangkutan.
  4. STNK asli dan fotocopian
  5. BPKB asli dan Fotocopian.
  6. Kuitansi jual beli, Surat Hibah, surat warisan, surat pelepasan hak jika kendaraan atas nama perusahaan, risalah lelang jika kendaraan hasil lelang

Baca juga : Menghitung Biaya Balik  Nama Kendaraan  Bekas 

Prosedur

  • Wajib pajak datang ke layanan BPKB Samsat Sleman menuju Loket 1 untuk cek fisik kendaraan. Cek Fisik oleh petugas tidak dipungut biaya/GRATIS.

  • Selanjutnya wajib pajak menuju loket 2, diloket ini wajib pajak akan membayar Pendapatan negara bukan pajak (PNBP) penerbitan STNK sebesar Rp. 225.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 375.000 untuk kendaraan roda 4. Wajib pajak akan menerima resi pembayaran dan  Resi Tanda Terima BPKB yang berfungsi untuk pengambilan BPKB baru. Tanggal Pengambilan BPKB tertera di Tanda terima BPKB.

  • Selanjutnya wajib pajak menuju ke Loket cek fisik di Basement Samsat untuk pengesahan cek fisik, lalu menuju ke loket formulir untuk mendapatkan formulir permohonan STNK baru.

  • Setelah wajib pajak mengisi formulir selanjutnya menuju Counter A di lantai 1 Samsat untuk pendaftaran Balik Nama. Wajib pajak akan menerima tanda terima pendaftaran dan diminta datang kembali sesuai tanggal pada lembar tanda terima.

  • Wajib pajak datang sesuai tanggal pada tanda terima menuju Counter B dan menyerahkan Tanda terima pendaftaran. Di Counter B wajib pajak membayar PNBP STNK Baru, PNBP Plat Nomor Baru, Bea Balik Nama dan membayar pajak kendaraan bermotor.

  • Setelah melakukan pembayaran wajib pajak akan menerima STNK baru lalu menuju ke Loket Plat Nomor di Basement untuk mengambil Plat Nomor baru.

  • Wajib pajak datang ke Loket 2 Layanan BPKB untuk mengambil BPKB sesuai tanggal pengambilan.

Tarif

Bea balik nama kendaraan bekas 1% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)